Kamis, 10 Januari 2013

makalah percoban tanaman hydrilla



Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat Rahmat dan Hidayah-Nya kami dari kelompok  dapat menyelesaikan Karya Ilmiah ini yang berjudul “Pengaruh Cahaya Matahari Terhadap Tanaman Hydrilla”.
Karya Ilmiah ini dibuat dengan maksud dan tujuan agar para pembaca mengetahui dan mengkaji masalah pengaruh cahaya matahari terhadap pertumbuhan kacang hijau.
Pada kesempatan ini kami mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak-pihak yang telah menbantu dan mendukung kami dalam pembuatan dan penyusunan karya tulis ini. Terutama kepada bapak Syahrudin S Pd, MM. yang telah membimbing dan memberi arahan kepada kami dalam pembuatan karya ilmiah ini.
Kami selaku penulis menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyajian karya ilmiah ini masih minim dan masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, kami senantiasa mengharapkan masukan dari para pembaca yang bersifat membangun demi kesempurnaan karya Ilmiah kami di masa yang akan datang.

                                                                                    Maros 8 September 2012


                                                                                    Hena Suri Intan Pertiwi
                                                                                                                                               



                                BAB I
PENDAHULUAN
 1 Latar Belakang
Fotosintesis berasal dari kata foton yang berarti cahaya, dan sintesis yang berarti menyusun.Jadi fotosintesis dapat diartikan sebagai suatu penyusunansenyawa kimia kompleks yang memerlukan energi cahaya. Sumber energi cahayaalami adalah matahari. Proses ini dapat berlangsung karena adanya suatu pigmentertentu dengan bahan CO2 dan H2O. Cahaya matahari terdiri atas beberapaspektrum, masing-masing spektrum mempunyai panjang gelombang berbeda,sehingga pengaruhnya terhadap proses fotosintesis juga berbeda.Fotosintesis merupakan suatu proses biologi yang kompleks, proses inimenggunakan energi dan cahaya matahari yang dapat dimanfaatkan oleh klorofilyang terdapat dalam kloroplas. Seperti halnya mitokondria, kloroplas mempunyaimembran luar dan membran dalam. Membran dalam mengelilingi suatu stromayang mengandung enzim-enzim tang larut dalam struktur membran yang disebuttilakoid. Proses fotosintesis dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain air (H2O),konsentrasi CO2, suhu, umur daun, translokasi karbohidrat, dan cahaya. Tetapiyang menjadi faktor utama fotosintesis agar dapat berlangsung adalah cahaya, air,dan karbondioksida .Berbeda dengan organisme heterotrof, organisme autotrof menggunakanenergi yang berasal dari oksidasi dan zat-zat organik tertentu. Organisme yangdemikian disebut kemoautotrof, karena menggunakan zat – zat kimiawi dalammemproduksi senyawa organik dari senyawa non-organik. Sedangkan peristiwafotosintesis sendiri dilakukan oleh organisme autotrof yang seringkali disebutdengan organisme fotoautotrof, karena dalam proses pembentukan senyawaorganiknya menggunakan energi yang berasal dari cahaya matahariFotosintesis sering didefinisikan sebagai suatu proses pembentukankarbohidrat dan karbondioksida serta air yang dilakukan sel-sel yang berklorofildengan adanya cahaya matahari yang disebabkan oleh oksigen (O2). Ada juga

yang mengartikan fotosintesis dengan suatu peristiwa pengolahan atau pemasakanmakanan yang terjadi pada daun dengan bantuan cahaya matahari.Organisasi dan fungsi suatu sel hidup bergantung pada persediaan energiyang tak henti-hentinya. Sumber energi ini tersimpan dalam molekul-molekulorganik seperti karbohidrat. Organisme heterotrofik, seperti ragi dan kita sendiri,hidup dan tumbuh dengan memasukan molekul-molekul organik ke dalam sel-selnyaOleh karena itu, kami mengadakan eksperimen untuk mengetahui apakah benar ada pengaruh cahaya matahari  terhadap tanaman hydrilla






1.1     Rumusan Masalah
1.Bagaimancahaya  ?
2.Apakah pengaruh yang di timbulkan oleh tanaman Hydrilla terhadap cahaya matahari dengan yang tidak diberi cahaya


3. Tujuan percobaan
                Adallah untuk menguji atau membuktikan bahwa pada proses fotosinntesis dihasillkan gas oksigen
3.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar